Thursday, May 17, 2007

A KATA PENGANTAR

Pesatnya perkembangan kabupaten Bogor khususnya kecamatan Cileungsi, Jonggol, Gunung Putri, Cibubur, Bantar Gebang, Setu, Cibarusah dan sekitarnya menyebabkan bertambahnya populasi mobil di kabupaten ini adalah salah satu hal yang mendasari berdirinya MITRA MOTOR. Peningkatan populasi mobil di wilayah tersebut yang merupakan kota penyangga bagi daerah Khusus Ibukota maupun sebagai kota perlintasan, cenderung untuk bertambah dari hari ke hari.

Manajemen MITRA MOTOR bertekad untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pengguna kendaraaan bermotor roda empat di kabupaten Bogor , khususnya wilayah Cileungsi, Jonggol, Gunung Putri, Cibubur dan sekitarnya dengan menjadikan MITRA MOTOR sebagai sebuah pusat layanan perawatan dan perbaikan mobil terpadu serta memberikan kualitas yang maksimal. Dengan penuh percaya diri kami memulai usaha kami ini disertai dengan satu keyakinan bahwa kami mengerti apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Seluruh jenis jasa layanan yang ditawarkan MITRA MOTOR mulai dari fasilitas peralatan yang dimiliki, sistim manajemen yang baik, keramahan dari karyawan-karyawan dan ditunjang oleh keterampilan dan kehandalan para teknisi dan mekanik diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan dihati para pelanggan.

Keberadaan MITRA MOTOR di wilayah Bogor diharapkan dapat memenuhi dan memuaskan tuntutan masyarakat akan adanya sebuah pusat layanan perawatan dan perbaikan mobil yang terpadu dan di rancang bangun sedemikian rupa agar selaras dengan selera dan keinginan pelanggan, baik yang berdomisili di daerah Bogor maupun yang berasal dari luar daerah Bogor.








II. SEKILAS TENTANG MITRA MOTOR


1. LATAR BELAKANG


Kabupaten Bogor khususnya wilayah Cileungsi, Gunung Putri, Jonggol, Cibubur dan sekitarnya dalam perkembangannya bukan saja merupakan kota transit/kota perlintasan bagi mereka yang akan melakukan perjalanan dari bagian barat ke bagian timur, utara ke selatan pulau jawa , maupun sebaliknya, tetapi juga merupakan kota penyangga bagi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Gambar : Mitra Motor Tampak Luar

Belum memadainya sarana angkutan umum diwilayah tersebut telah menyebabkan meningkatnya populasi kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat , mengingat sebagiaan besar warganya mempunyai aktipas di wilayah DKI Jakarta. Seiring dengan meningkatnya populasi kendaraan bermotor, terutama mobil diwilayah kota kabupaten Bogor, maka jumlah kendaraan yang melintasi wilayah ini meningkat pula. Hal tersebut telah menyebabkan timbulnya kebutuhan akan adanya sarana-sarana layanan perawatan dan perbaikan mobil yang dapat memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang berkembang berupa pusat layanan pusat perawatan dan perbaikan mobil yang berkualitas, yang merujuk atau setara standard layanan bengkel Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

Melihat peluang tersebut, beberapa propesional muda bersepakat dan berprakarsa untuk mendirikan sebuah pusat layanan perawatan mobil terpadu yang berkualitas yang diberi nama MITRA MOTOR .

Tanggal 6 Mei 1996 , MITRA MOTOR memulai usahanya sebagai pusat layanan perawatan dan perbaikan mobil di Jl. Raya Narogong Km.21 Cileungsi Bogor. Lokasinya tepat berada dijalan Raya Utama yang ramai dan strategis yang merupakan Jalan Lintasan antara Bekasi-Bogor.


2. RUANG LINGKUP USAHA

Dengan mengandalkan pengalaman sumber daya manusia yang profesional dalam bidangnya masing-masing serta didukung dengan peralatan yang memadai, MITRA MOTOR menawarkan pelayanan terbaiknya dalam beberapa hal diantaranya:
- Perbaikan body mobil (automobil bodi repair )
- Perawatan dan Perbaikan mobil.
- Penjualan suku cadang , accessories dan variasi mobil

Sebagai sebuah usaha yang baru mulai, pembenahan diri kedalam terus menerus kami lakukan dalam rangka meningkatkan kepuasan. MITRA MOTOR berusaha memposisikan diri sebagai pusat layanan mobil diwilayah Bogor, karena kami ingin agar pelanggan dapat menggunakan waktunya sebaik mungkin dan memperoleh hasil layanan yang cepat dan memuaskan dengan harga yang terjangkau.

Sebagai pusat layanan mobil terpadu, MITRA MOTOR bukan Cuma sekedar bengkel mobil biasa, tetapi akan kami kembangkan citranya sebagai sebuah “bengkel komplit” , sehingga pelanggan cukup datang ke MITRA MOTOR, maka seluruh keluhan akan teratasi dan kebutuhan akan terpenuhi.





3. STRUKTUR MANAJEMEN

Sebagai suatu usaha yang mengutamakan team manajemen yang solid, kedisiplinan kerja dan kejujuran, maka MITRA MOTOR membentuk struktur Manajemen sebagai berikut :

Ma Marketing

Administrasi
Service Advisor
Quality
Control
Finance

Las

GENERAL MANAGER

Estimator
Driver
Cat
Purchasing
Gudang
Keamanan
Dempul

Mekanik


Ma Produksi

Finishing


Kasir
Masanger



MITRA MOTOR sebagai usaha baru dibidang automotive berupaya keras agar jumlah sumber daya manusia yang ada terus di kembangkan untuk dapat memberikan hasil yang maksimal dan memuaskan kepada pelanggan. Oleh sebab itu sumber daya manusia di MITRA MOTOR terdiri dari tenaga-tenaga inti yang professional dibidang manajemen dan didukung oleh tenaga-tenaga mekanik yang terlatih dan handal dalam menangani berbagai jenis merk dan type mobil.

Sebagian dari para mekanik kami berasal dari Institut-institut Pelatihan Kejuruan, selain mereka yang pernah berkarir dibengkel-bengkel besar berkualitas dikota metropolitan DKI Jakarta. Disamping itu juga kami selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja para karyawan dan teknisi yang kami miliki dengan cara menjalin kerjasama dengan Institut-institut Pelatihan Manajemen dan para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang memiliki program pelatihan untuk menyelenggarakan pelatihan bagi para karyawan kami.


4. KAPASITAS


MITRA MOTOR berlokasi diatas tanah seluas 1.600 meter persegi yang diperuntukan bagi 2 (dua) divisi yaitu :

A. Divisi Perawatan dan Perbaikan Mobil
Divisi ini memiliki kemampuan untuk melayani perbaikan dan perawatan mobil, meliputi mobil- mobil buatan Jepang, Korea, Eropa dan Amerika karena didukung oleh peralatan-peralatan khusus.

Data kinerja penyelesaian layanan per hari adalah :

- Lahan parkir, bengkel reperasi dan pencucian mobil : 400 meter persegi
- Daya tampung mobil : 25 unit/hari
- Kinerja bagian mekanik perbaikan mobil : 20 unit/hari
- Kinerja bagian Ban, Spooring & Balancing : 15 unit/hari
- Kinerja bagian Air Conditioning dan Kelistrikan mobil : 5 unit/hari
- Kinerja bagian Cuci mobil : 20 unit/hari


B. Divisi Body Repair dan Salon Mobil
Divisi ini mampu melakukan perbaikan badan kendaraan yang rusak berat. Pelanggannya terdiri dari perorangan dan badan-badan usaha, baik yang dijamin oleh perusahaan-perusahaan asuransi
kendaraan bermotor maupun yang tidak dijamin.

Gambar. Hasil Pengerjaan Kendaraan

Data kinerja penyelesaian layanan per hari adalah :

- Luas lahan parkir : 1.300 meter persegi
- Daya tampung mobil : 70 unit
- Kemampuan penyelesaian body repair & painting : 10 unit/hari
- Kemampuan penyelesaian salon mobil : 5 unit/hari

Sisa lahan seluar 300 meter digunakan untuk bangunan Counter Penjualan, kantor manajemen dan administrasi, ruang tunggu untuk tamu dan pelanggan, musholla, kantin umum, toilet, ruang ganti karyawan, gudang, ruang perkakas, raung pompa air, ruang compressor, ruang generator pembangkit tenaga listrik dan lain-lain.
Gambar : Ruang Tunggu dan Ruang Administrasi

Bila diperlukan kemampuan kerja tersebut diatas masih dapat ditingkatkan lagi dengan cara menambah peralatan dan sumber daya manusia. Dalam rangka menciptakan suasana bengkel yang nyaman dan ramah lingkungan, MITRA MOTOR berusaha terus menerus memelihara kebersihan lingkungan kerjanya. Perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja dengan mengikutsertakan Jamsostek juga merupakan kepedulian dari manajemen MITRA MOTOR, termasuk perlindungan terhadap keselamatan kendaraan pelanggan dari bahaya kebakaran ataupun huru-hara.

III. JENIS-JENIS JASA LAYANAN
1. Divisi Perawatan dan Perbaikan Mobil
Pada divisi ini terdapat beberapa jenis jasa layanan yang berhubungan dengan perawatan, perbaikan dan peningkatan kinerja mobil para pelanggan, antara lain :
- Penggantian oli mesin, oli transmisi, oli gardan
- Tune up mesin bensin dan mesin diesel
- Perbaikan sistim mekanisme mobil, sistim suspensi, sistim rem dan sistim pendinginan mesin.
- Turun Mesin (Engine Overhaul)
- Spooring, balancing dan pemasangan ban baru
- Servis AC, Isi Freon dan pemasangan AC baru
- Pemasangan sistim audio
- Pemasangan kaca film, variasi dan asesoris
- Perbaikan sistim power steering
- Perbaikan sistim kelistrikan mobil, power window dan central lock
- Pencucian mobil dan lain-lain
2. Divisi Body Repair dan Salon Mobil

Divisi khusus melakukan perbaikan pada badan mobil yang rusak atau cacat karena benturan, terserempet atau tergores dari kasus yang paling ringan sampai yang paling berat. Beberapa jasa layanan yang dapat dikerjakan antara lain :
- Pekerjaan ketok komponen body kendaraan yang rusak ringan dan rusak berat
- Pekerjaan meluruskan chasis yang berubah bentuk/bengkok
- Modifikasi badan mobil
- Pekerjaan pengelasan, memotong, menyambung dan membentuk
- Pekerjaan pengecatan full body dengan sistim oven.

Gambar : Epoxy dan Pengecatan

- Pengecatan untuk kerusakan-kerusakan kecil dan ringan dengan atau tanpa oven
- Pemasangan kaca dan karet kaca
- Perbaikan rangka (frame) mobil
- Salon mobil yang meliputi poles cat mobil, pembersihan kerak air/kotoran pada sela-sela badan
mobil dan mesin, pembersihan interior mobil, jok atau kursi mobil dan karpet, poles kaca yang
tergores, poles jamur kaca dan lain-lain

3. Divisi Penjualan
Divisi ini berfungsi melakukan penjualan komponen-komponen mobil yang dibutuhkan pelanggan seperti : suku cadang mobil , variasi, ban velg racing, oli, accu, suku cadang AC, dan lain-lain

4. Fasilitas Pembayaran
Untuk mempermudah pembayaran, kami menyediakan beberapa fasilitas pembayaran diantaranya diantaranya dengan kartu kridit VISA dan MASTER, Debit BCA, BCA Card, Visa Elektron dan Maestro Card. Bagi perusahaan atau badan usaha yang telah menjadi rekanan atau pelanggan tetap, MITRA MOTOR dapat memberikan tenggang waktu pembayaran.


IV. FASILITAS PERALATAN

Fasilitas peralatan yang disediakan di MITRA MOTOR adalah fasilitas peralatan yang cukup canggih dan modern untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal serta mempersingkat waktu bagi para pelanggan. Fasilitas peralatan tersebut antara lain :

1. Fasilitas untuk Perawatan dan Perbaikan Mobil

- Mesin Spooring Infrared Komputer 4 Sensor
- Mesin Balancing (wheel balancer)
- Mesin Pembuka Ban (tyre changer)
- Ruang perkakas untuk menyimpan peralatan/perkakas khusus
- Single Post Hydraulic Lift untuk pencucian mobil
- Two Post Lift Kapasitas 3 ton

Gambar. Two Post Lift dan Mesin Spooring



- Cisser Lift
- Engine Scaner EFI
- Engine Analizer
- Suction Oli (Vacum Oli)
- Kompresi Tester
- Nosel Injektor Tester
- Four Gas Analizer / Alat Uji Emisi
- Engine Crane untuk mengangkat mesin sewaktu overhaul
- Kompressor Udara
- Mesin Pompa Oli Transmisi dan Gardan
- Mesin Pompa Tembak Gemuk
- Mesin Hydraulic Press
- Mesin Bor Listrik
- Mesin Gerinda Listrik
- Dongkrak Buaya
- Jack Stand
- Pompa Pendorong Air Tekanan Tinggi
- Mesin Vacum Kompresor AC
- Tabung-tabung pemadam kebakaran
- Dan berbagai macam perkakas mekanik mobil, AC dan Ban


2. Fasilitas untuk Body Repair dan Salon Mobil

- Spray booth – ruang oven
- Mesin Pencampur Warna ( Color Mechine )
- Ruang pencampuran cat
- Hot Gun

Gambar : Ruang Over dan Mesin Pencampur Warna

- Alat Sedot Penyok (Spot Listrik)
- Kompresor Angin 5PK Merek Meiji
- Peralatan ketok body mobil
- Cutting torch
- Botol gas acytelin


Gambar . Spot Listrik, Genset dan Kompresor Angin

- Botol gas oksigen
- Mesin Gerinda
- Mesin Genset 13PK
- Rak-rak penyimpanan peralatan dan komponen mobil pelanggan yang sedang menjalani
perbaikan
- Tabung pemadam kebakaran 5 tabung
- Mesin las listrik dan lain-lain

V. FASILITAS UNTUK PELANGGAN

Menunggu adalah pekerjaan yang paling membosankan adalah ungkapan kejemuan seseorang yang telah lama menunggu. Hal itu tersebut sangat kami mengerti. Oleh karena itu kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan fasilitas yang diharapkan dapat menghilangkan kejemuan dan kejenuhan pelanggan selama menunggu mobilnya diperbaiki/dilayani.

Beberapa fasilitas yang kami sediakan antara lain adalah :
- Ruang tunggu yang luas dan nyaman
- Kantin umum
- Musholla
- Toilet dan lain-lain
Untuk wilayah Cileungsi, Gunung Purti, Cibubur, Jakarta, Jonggol dan Bekasi kami menyediakan layanan antar jemput mobil pelanggan yang bermasalah atau hanya sekedar servis rutin.

VI. WAKTU PELAYANAN

Kepedulian kami terhadap pelanggan membuat kami siap melayani pelanggan setiap hari kecuali hari Minggu, sehingga memungkinkan para pelanggan lebih leluasa mengatur waktu luangnya untuk berkunjung ke MITRA MOTOR.

Waktu pelayanan kami adalah :

Hari : Senin sampai dengan Sabtu
Waktu : Pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB

Customer servis kami akan siap membantu dan melayani para pelanggan dengan ramah dan cekatan dan siap melayani antar jemput kendaraan yang akan diservis.

VII. PETA LOKASI


GRIYA ALAM
SENTOSA
LIMUS
PRATAMA
REGENCY UTARA
Ke
Tol Bekasi
Jagorawi
Jl. Raya Narogong

MITRA MOTOR
PERUM
CILEUNGSI
HIJAU
Ke
Jakarta



KOTA
TAMAN
METROPOLITAN
KOTA
WISATA
Jl. Alternatif Cibubur-Cileungsi Jembatan Layang Cileungsi Jl. Raya Cileungsi-Jonggol

Ke Cibubur ke Jonggol
PONDOK
DAMAI
DUTA
MEKAR
ASRI
KOTA
LEGENDA


Jl. Raya Narogong
MALL
CILEUNGSI
GRIYA
KENARI
MAS ke Bogor



Tol
Jagorawi
Ke
Citeureup

SELATAN











VIII. DAFTAR PELANGGAN DAN REKANAN KERJA

Daftar perusahaan rekanan :

PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfa Mart)
PT. Voksel Elektrik
PT. Citra Kreasi Indonesia (Philips)
PT. Indesso
PT. Lintas Adhikrida
PT. Tri Banyan Tirta
PT. Indomitra Sedaya
PT. Citrakreasi Makmur (Phillips)
PT. Agung Mustika Selaras
PT. Cipta Mandiri Wirasakti
PT. Natra Raya
Rumah Sakit Thamrin

Rekanan-rekanan perusahaan diatas semua bekerja sama dalam bidang perawatan dan pemeliharaan engine hingga body repair baik itu kendaraan maupun alat berat yang sudah

2 comments:

dna guitar made said...

bisa minta nomor telepon yang di limus?

thanks...

Unknown said...

Bisa minta alamat yg di jl. Cileungsi jonggol?